Pages

Unique Selling Proposition

Strategi Positioning Wajib untuk Usaha Anda

Jawablah pertanyaan berikut ini:
“Mengapa orang harus membeli dari Anda?”
 
Setelah Anda tahu jawabannya, maka Anda bisa mulai.
Pertanyaan di atas itu adalah pertanyaan yang terus menerus diulang  oleh semua pembeli yang hendak membuat keputusan untuk membeli. Tentu saja mereka juga bertanya, “Apa untungnya bagi saya jika membeli dari Anda?”

Strategi sederhana untuk bisa menanamkan Positioning produk maupun perusahaan Anda di benak konsumen adalah suatu tool sederhana yang dinamakan USP. Istilah USP sudah ada sejak lama dan merupakan singkatan dari Unique Selling Proposition.

Intinya adalah untuk mendapatkan dan mengkomunikasikan suatu pernyataan ringkas tentang apa benefit yang bisa ditawarkan oleh perusahaan Anda, sehingga pelanggan bisa menjawab pertanyaan yang sangat penting tersebut di atas. Itulah inti dari USP.

Sebagai contoh, hampir semua orang familiar dengan USP-nya Fedex, “On time, every time or it’s free”. Pada waktu itu penawaran dan benefit ini begitu unik dalam industry pengiriman barang dan sangat mampu membangun kepercayaan pelanggan setelah USP ini dikomunikasikan. Jadi apa keunikan bisnis Anda? Apa yang bisa Anda tawarkan dimana belum ada yang bisa menawarkannya?

Kebanyakan konsumen memandang bisnis kecil seperti hal yang sudah umum. Akuntan yang satu rasanya sama saja dengan akuntan yang lain. Pengacara yang satu rasanya sama saja dengan pengacara yang lain. Semakin banyak suatu produk atau service maka akan semakin “umum” rasanya. 

Masalahnya adalah kebanyakan marketer tidak melakukan apa pun untuk mengatasi persepsi tersebut. “Pakailah kami karena kami sudah ada sejak 20 tahun yang lalu, atau kami bisa diandalkan”, kira-kira seperti itulah slogan kebanyakan bisnis kecil. Tentu saja kenyataan bahwa bisnis Anda bisa diandalkan, menjual berbagai macam produk, menawarkan harga bersaing, berbisnis dengan jujur adalah hal-hal yang sudah seharusnya dimiliki oleh setiap bisnis. Ini semua bukanlah sesuatu yang unik atau diferensiasi.

USP yang efektif harus bisa mengkomunikasikan kemampuan perusahaan Anda yang unik sehingga mampu memenuhi kebutuhan yang belum mampu dipenuhi oleh yang lain di pasar. USP menunjukkan kepada target market bahwa perusahaan Anda mampu dan mempunyai kualifikasi untuk mengurangi masalah dan meningkatkan keuntungan mereka. Sebuah USP bisa jadi adalah salah satu senjata marketing Anda yang terampuh.

Dalam menyusun USP perusahaan, Anda harus membuat daftar apa saja benefit yang bisa didapat pihak lain bila berbisnis dengan Anda. Jangan ada satu pun benefit yang terlewat.
Setelah itu susun lagi daftar tersebut dengan memperhatikan beberapa panduan berikut:
  1. Apa saja benefit dalam daftar Anda yang unik bila dibandingkan dengan pesaing?
  2. Apa saja benefit yang paling penting bagi para pelanggan Anda?
  3. Apa saja benefit yang paling sulit ditiru oleh pesaing?
  4. Apa saja benefit yang paling mudah dikomunikasikan?

Dari serangkaian panduan ini Anda harusnya bisa fokus pada satu atau dua benefit yang paling utama dalam menjalankan perusahaan. Dari sini Anda harus menerapkan dan memaksimalkan benefit atau USP ke dalam segala aktivitas perusahaan. Buat tagline untuk mempromosikan USP Anda. Bila perlu, cantumkan pernyataan USP pada alat-alat tulis, kartu nama atau tools presentasi Anda.

Tujuan utamanya adalah supaya USP Anda dikenali dengan baik di pasar. Satu peringatan yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah Anda harus benar-benar mampu men-deliver janji/benefit yang dikomunikasikan lewat USP. Bila sampai gagal, akibatnya bahkan bisa lebih fatal daripada tidak mempunyai strategi USP sama sekali.  src:TDW

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste