Pages

Hati-Hati Memasang Foto Profil di Facebook

facebook Seringkali orang berpikir untuk merekayasa foto mereka dalam Facebook atau memajang foto yang sebenarnya bukan foto diri mereka.

Terkadang kita temukan seseorang memajang foto zaman dahulu sebagai foto profil mereka di Facebook. Atau ada juga yang menampilkan foto rekayasa yang memperlihatkan mereka bak seorang profesional muda. Tentu sah-sah saja memajang foto sesuai keinginan. Yang terpenting adalah tidak sampai melanggar peraturan di Facebook. Namun tahukah Anda? orang lain yang melihat akan memberikan penilaian lebih dari yang Anda bayangkan.

Akun Facebook seseorang bisa diibaratkan sebagai jendela jiwa si pemiliknya. Orang lain akan memberikan penilaian tertentu pada saat melihat foto Facebook Anda. Demikian keterangan yang dikutip dari Wired.com, Minggu (19/7/2009).

Dalam sebuah artikel psikologi sosial berjudul "Narcissism and Social Networking Web Sites", Laura Buffardi dan W Keith Campbell dari University of Georgia mengadakan survei terhadap para mahasiswa dan meminta mereka untuk melengkapi sejenis kuesioner yang dinamakan Narcissistic Personality Inventory.

Kuesioner ini digunakan untuk menganalisa penilaian seorang pengguna Facebook yang memajang foto-foto rekayasa atau bukan foto mereka yang sebenarnya.

Menurut Buffardi, hasil penelitian menunjukkan pengguna Facebook yang menggunakan foto berpakaian terbuka dinilai sebagai pribadi yang nakal. Mereka pun memberikan penilaian terhadap foto yang menampilkan orang yang sedang beraktivitas, yang dinilai para partisipan sebagai orang yang atraktif. Penilaian lainnya juga diberikan kepada mereka yang terlihat berkompeten dalam pekerjaan, ataupun mereka yang terlihat kaya atau miskin.

"Mereka diminta menilai seseorang yang belum mereka kenal melalui akun Facebook. Kemudian kami mencocokkan penilaian para partisipan dengan pribadi pengguna Facebook yang dinilai," kata Campbell.

Campbell menyimpulkan bahwa rata-rata orang memberikan penilaian yang lebih jauh tentang seseorang berdasarkan foto profil mereka di Facebook. Oleh sebabnya Campbell menyarankan kepada para pengguna Facebook agar memajang foto asli yang benar-benar mencerminkan pribadi mereka yang sesungguhnya. (Okezone)

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste