Pages

MENGATASI SUMBATAN JALAN NAFAS

Sumbatan jalan nafas karena benda asing sangat berbahaya dan harus segera dibersihkan karena apabila tidak dapat bernafas, maka kita tak dapat memberikan pernafasan buatan.
Sumbatan airway pada penderita yang sadar dapat menyebabkan henti jantung. Pada sumbatan total, pernafasan akan berhenti kare benda tersebut menyumbat airway sepenuhnya. Beberapa menit kemudian penderita yang sadar akan menjadi tidak sadar (karena otak kekurangan oksigen) dan kematian akan terjadi jika sumbatan tidak diatasi. Penyebab sumbatan yang banyak ditemukan adalah "makanan":

Sumbatan Parsial
Tersedak terjadi bila benda asing masuk ke arah paru-paru dan menyumbat jalan nafas ke arah paru-paru. Bila penderita bisa menghilangkan penyumabatan dengan cara batuk-batuk keras, maka tidak perlu dilakukan pertolongan lagi. Tetapi bila penderita terus tersedak sehingga sesak nafas maka perlu segera dilakukan pertolongan pertama.
Gejala :
Tersedak, tetapi tetap bisa bernafas, batuk dan berbicara
Sesak bicara

Apa yang bisa dilakukan penolong (tindakan cara Heimlich) :
Buka mulut penderita, usahakan untuk menemukan dan membuang sumbatan dengan jari-jari. Bila bena asing bisa terlihat tetapi tidak bisa dijangkau oleh jari anda, gunakan alat yang panjang dan sempit (missal sumpit/penjepit) untuk mengeluarkannya. Hati-hati jangan sampai menekan benda asing lebih dalam.
Bila benda asing tidak ditemukan/diambil tetapi penderita dalam keadaan stabil, katakan supaya tetap tenang dan bernafas dan pelan-pelan, sehingga jalan nafas menjadi relax.
Bila sumbatan menetap dan penderita tertelungkup di atas meja dengan tubuh bagian kepala dan bahu terjuntai dipinggir meja, pukul dengan keras bagian tubuh antara bahu dengan dasar telapak tangan anda beberapa kali dan penderita dianjurkan untuk batuk-batuk.

Sumbatan Total
Perlu tindakan segera. Anda hanya mempunyai waktu 3 menit untuk mengambil sumbatan, sebelum terjadi kerusakan otak karena kekurangan oksigen.
Gejala :
Tersedak dan tidak bisa bernafas, batuk atau bicara
Muka menjadi biru.
Apa yang bisa dilakukan ?
Untuk dewasa :
Pegang tubuh penderita dari belakang dengan posisi berdiri.
Pegang kepala pada satu tangan, ibu jari mengarah ke perut penderita diantara tulang dada dan pusat. Pegang dengan tangan sebelah.
Tekan kepalan tangan anda ke arah dalam atas dibawah tulang iga.


Bila benda asing tidak keluar, ulangi sampai tiga kali.
Bila tetap tidak berhasil, baringkan penderita terlentang. Tengadahkan kepala, buka mulut dan masukkan jari ke dalam mulut untuk membuang benda asing.
Bila tetap tidak berhasil, ulangi tindakan cara Heimlich

Untuk anak kecil
Pegang kepala anak dan telungkupkan diatas lengan (untuk bayi), atau diatas pangkuan (untuk anak umur 1-9 tahun)
Pukul diantara bahu tiga kali dengan dasar pergelangan tangan.
Bila tidak berhasil, pukul tiga kali.


src theyandi.blogspot.com

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste