Pages

Membuat kefir sendiri

Kalau anda merasa setiap kali membeli kefir itu mahal, kenapa tidak membuat sendiri?
Caranya tidaklah sulit :


1. imagebam.comSiapkan kefir grain atau biji kefir atau kefir prima sebagai starternya


2. imagebam.comSusu segar, kalau tidak ada susu segar pakailah susu bubuk bisa yang full cream atau yang skim. Sedu sesuai dengan takaran yang ada di petunjuknya.

3. imagebam.comCampurkan kefir grain nya ini, ukurannya satu sendok makan (15 ml) dengan 1 liter susu di atas. Atau untuk kefir prima 100 ml campur dengan 800 ml susu segar , perbandingan kira-kira 1: 8 s/d 10

4. Jogja KefirTempatkan dalam toples kaca yang tertutup, usahakan udara masih bisa keluar. Atau kalau tidak ada, pakailah toples krupuk dari plastik.

5. imagebam.comBiarkan dalam ruangan yang bersih dan hangat selama 36 jam s/d 72 jam
semakin lama semakin kecut dan semakin sempurna jadinya. (Catatan : anak saya maunya 24 jam saja, karena rasa susunya masih terasa, lebih lezat dan gurih, katanya)

6. imagebam.comJadilah kefir kita dan siap di panen

Catatan :
Sebagian besar penggemar Kefir yang membuat kefir sendiri, menggunakan susu segar murni yang tidak dimasak, dan waktunya harus minimal 48 jam. Sedangkan sebagian kecil bahan susu segar murninya di pasteurisasikan ( di matikan mikroba-mikroba patogennya, di rebus temperatur 80 derajat Celcius 5 menit, atau mendidih langsung dimatikan), dan ini cukup 24 jam sudah dapat dikomsumsi.

Tutorial Video:
http://www.youtube.com/watch?v=EDx8EwxMluM
https://www.youtube.com/watch?v=WdkeXFBfhuY
https://www.youtube.com/watch?v=aHJpJ23iaSc


Sumber: Keluarga Kefir Jogja

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste