Pages

KEFIR MINUMAN PROBIOTIK UNTUK KESEHATAN

Kefir adalah minuman fermentasi yang mengandung organisme "Probiotic hidup" dan kaya akan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh: proteins, mineral dan vitamin.

Saat ini di dunia dikenal 2 jenis Kefir yaitu :
Kefir Susu ( Milk Kefir ) dan Kefir Bening ( Water Kefir ), namun ada yang menambahkan dengan Kefir Teh atau Kombucha Tea.
Kefir Susu adalah minuman terbuat dari susu sapi segar yang difermentasi, dikenal sejak berabad-abad berawal di Pegunungan Kaukasus Utara ( Persia ). Kata "Kefir" berasal dari bahasa Turki 'Keif' yang berarti "Perasaan Menyenangkan".

Kefir Bening / Water Kefir adalah minuman segar, bersifat Isotonic yang terbuat dari fermentasi kultur "Water Kefir", Air dan sari buah.

Sejarah Asal Kefir
Legenda mengisahkan butiran Kefir pertama diberikan oleh Nabi kepada kaum ortodok di Persia dan dilarang untuk diberikan kepada orang asing, sebab akan menghilangkan "kekuatan ajaib"nya, oleh sebab itu selama berabad-abad rahasia kesehatan bangsa Persia tertutup oleh misteri.
Marcopolo telah mengenal Kefir dalam catatan expedisinya dan dikenal di Eropa pada tahun 1900 an. Tahun 1908, Irina Sakharova memperkenalkan kefir ke Moskow untuk digunakan bagi pengobatan yang membawa kesuksesan, sehingga di tahun 1973 diusia yang ke 85, Irina mendapatkan penghargaan dari Kementrian Kesehatan. Kefir sangat populer di Rusia dan menjadi minuman kesehatan yang sangat diandalkan di negara yang sangat dingin ini. Kefir Rusia dikenal paling baik didunia.
Saat ini telah banyak produk turunan yang mirip dengan Kefir yaitu Yogurt, Yakult dan aneka minuman probiotik lain. Namun hanya Kefir yang memiliki kesempurnaan kandungan dan khasiat.

Rasa dan Aroma
Kefir susu berasa agak asam menyegarkan, beraroma keju, kental dan seolah bersoda.
Kefir Bening berasa asam menyegarkan, beraroma buah, bening dan seolah bersoda.

Kadaluwarsa
Jika disimpan didalam kulkas bersuhu dingin kefir akan tetap layak untuk dikonsumsi lebih dari 2 bulan, jika diluar kulkas maka sekitar 1 minggu dengan efek lebih terasa asam. Kefir jangan dibekukan agar efek probiotik lebih optimal.

Kandungan
Kefir mengandung bakteri, ragi, minerals dan asam amino yang penting untuk membantu tubuh agar fungsi pemeliharaan dan penyembuhan sempurna, terutama fungsi pencernaan.

Bersifat antioxidant dan anti toxin
Tryptophan, salah satu asam amino yang terpenting berlimpah di Kefir, dikenal berperan memberikan rasa relax di system saraf. Juga calcium dan Magnesium, kaya akan Vit. B12,B1 dan Vit K.
Asam Laktat, sangat berlimpah, berfungsi sebagai anti kanker dan anti mutasi sel

Cara Kerja Kefir melindungi tubuh kita
Mengandung beragam jenis asam yang sangat baik bagi tubuh, kandungan bakterinya, sangat bersahabat bagi pencernaan, dengan pencernaan yang berfungsi sempurna, maka semua keluhan secara berangsur akan dinormalkan kembali. Pola makan yang tidak benar membuat kita menderita sakit, dengan pola makan yang sehat yang mengandung Probiotik tubuh akan disehatkan. Di usia sebelum 25 tahun, pencernaan kita pada umumnya dalam kondisi yang terbaik, sehingga tidak mengenal sakit kolesterol,asam urat dan lain-lain, sedangkan usia diatas 30 tahun adalah saat dimana fungsi pencernaan melemah. Kefir mengembalikan fungsi pencernaan Anda seperti saat masih diusia remaja.

Cara minum
Untuk Kefir Susu, cukup 200 ml setiap habis makan berat, mis: Bakso, Ikan Bak

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste