Pages

Mengatasi Sulit Tidur (insomnia) Tanpa Obat

“Tolong berikan resep obat tidur, dok. Akhir-akhir ini saya sulit tidur ,” keluh seorang pasien yang mengaku tidak memiliki persoalan khusus, tetapi tidak bisa tidur tanpa minum obat lebih dulu.

Ada kecenderungan pada sebagian penderita insomnia atau kesulitan tidur yang membiasakan minum obat-obatan yang mempunyai efek menidurkan. Kadang-kadang karena begitu kuat pengaruh psikis dari obat tersebut, orang tidak bisa tidur tanpa minum obat tersebut lebih dulu. Kondisi ini akan berlanjut menjadi ketergantungan pada obat:
Ada beberapa langkah untuk mengatasi kesulitan tidur, tanpa menggunakan obat-obatan, melainkan hanya dengan cara-cara sederhana yang dapat dilakukan sendiri:
 
• Mula-mula tentukan waktu tidur dan bangun secara teratur. Tidur pada saat yang berubah-ubah akan membuat tubuh kondisi siaga. Akibatnya, tubuh selalu dalam keadaan tegang. Jika sudah ditentukan saat tidur dan bangun, seyogianya dipatuhi.
• Apabila seseorang termasuk sulit tidur, tidak dianjurkan tidur pada siang hari. Tidur siang hari akan mengurangi kebutuhan tidur pada malam hari. Akibatnya pada malam hari menjadi sulit tidur atau sering terjaga.
• Tempat tidur seyogianya digunakan untuk tidur, bukan untuk kegiatan lain seperti menonton TV, menulis surat dan sebagainya.
• Jangan menggunakan peralatan elektronik serta ponsel menjelang tidur.
• Latihan olahraga dapat membantu mengatasi sulit tidur. Lakukan olahraga pada sore hari atau setelah matahari terbenam, tetapi 2-3 jam sebelum waktu tidur yang telah ditentukan harus telah selesai berolahraga . Latihan olahraga mendekati waktu tidur justru akan mengganggu tidur malam hari.
• Hindarkan makanan dan minuman tertentu. Makanan kecil yang manis, sebaiknya dihindari sebelum berangkat tidur. Demikian pula minuman yang mengandung alkohol, teh serta kopi hams dihindari, terutama sore hari.
• Dianjurkan mandi air hangat dan minum susu hangat menjelang tidur dan kecilkan lampu atau padamkan lampu penerangan di kamar.

Daftar Pustaka
Sku Pencegahan Dini Kesehatan Oleh Dr. ANIES MKES PKK
http://fkunhas.com/  

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste