Pages

Kanker Pankreas

Siapa yang tidak kenal Steve Jobs. Pendiri Apple yang membuat berbagai terobosan fenomenal di dunia digital.

Baru-baru ini Ia dikabarkan mengundurkan diri sebagai CEO Apple dengan alasan kesehatan. Ia didiagnosis menderita kanker pankreas.

Kelenjar ludah perut


Kanker pankreas, walaupun angka kejadiannya jarang, tetapi termasuk dalam jajaran kanker mematikan.

Sesuai dengan namanya, kanker ini menyerang organ pankreas. Organ ini sering juga disebut sebagai kelenjar ludah perut. Penamaan ini mungkin karena pankreas mengeluarkan cairan mirip ludah yang disalurkan ke dalam usus.

Pankreas terletak di bagian perut atas. Persis di belakang lambung. Fungsi utamanya adalah mengeluarkan berbagai macam enzim yang berfungsi untuk membantu mencerna makanan. Selain itu, pankreas juga menghasilkan hormon yang sangat penting yaitu hormon insulin. Hormon ini sangat vital untuk mengatur kadar gula darah.

Gejala tidak spesifik

Penyebab kanker pankreas tidak diketahui pasti. Tetapi disebutkan bahwa merokok dapat meningkatkan risiko dua sampai tiga kali lipat.

Pada tahap awal perjalanan penyakit, kanker pankreas tidak menunjukkan gejala apa-apa. Penderita biasanya dapat beraktifitas normal tanpa adanya keluhan.

Setelah kanker bertambah parah, biasanya setelah bertahun-tahun sejak awal mula penyakit, barulah timbul keluhan.

Jika kanker membesar dan menekan saluran empedu, maka empedu akan menumpuk di dalam darah. Gejalanya antara lain kulit dan mata berwarna kuning, kencing berwarna seperti teh pekat.

Gejala lain adalah rasa nyeri di perut bagian atas dan kadang-kadang tembus ke belakang. Nyeri ini semakin parah setelah makan dan saat berbaring. Juga dapat timbul mual, muntah, kurang nafsu makan, turun berat badan, dan badan lemah.

Perlu diingat bahwa gejala ini tidak spesifik. Artinya, gejala yang sudah disebutkan juga dapat terjadi pada penyakit lain. Oleh karena itu sebaiknya segera memeriksakan diri jika mengalaminya.

Diagnosis pasti dengan biopsi

Untuk membantu menegakkan diagnosis kanker pankreas, biasanya dokter meminta dilakukan pemeriksaan radiologi. Ada beberapa macam pemeriksaan antara lain USG (ultrasonografi), CT Scan (computed tomography), endoskopi, atau yang cukup canggih dan mutakhir, MRI (magnetic resonance imaging).

Jika dari pemeriksaan dicurigai adanya kanker pankreas, maka dilanjutkan dengan biopsi untuk memastikannya. Biopsi dilakukan dengan menusukkan jarum yang cukup panjang ke bagian kanker, lalu jaringan yang melekat pada jarum diperiksa di bawah mikroskop. Dari sini dapat ditentukan apakah sel yang ada pada jaringan sel kanker atau bukan.

Pengobatan


Kanker pankreas yang diketahui sejak dini, sebelum menyebar ke organ di sekitarnya, dapat diobati. Tetapi jika sudah lanjut, sulit untuk mendapat kesembuhan. Pada tahap lanjut, pengobatan hanya bertujuan mengurangi gejala yang diderita dan meningkatkan kualitas hidup penderita.

Pengobatan terdiri dari tiga jenis, yaitu pembedahan, kemoterapi, dan radioterapi. Pembedahan dilakukan untuk mengangkat jaringan yang terkena kanker. Kemoterapi dilakukan dengan menyuntikkan obat-obat tertentu, sehingga sel kanker mati. Radioterapi dilakukan dengan sinar X energi tinggi untuk membunuh sel kanker. Teknik-teknik pengobatan tersebut sering dikombinasikan satu sama lain.

Bacaan:

   1. http://www.medicinenet.com/pancreatic_cancer/article.htm
   2. http://en.wikipedia.org/wiki/Pancreatic_cancer

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste