Pages

“KEFIR” berperan dalam meringankan beban kerja Hati secara signifikan


Saya dapat informasi ini dari Artikel dari Rumah Sakit John Hopkins yang sangat terkenal di AS itu.
Jadi kalau saya terjemahkan kira-kira begini:

Di dalam tubuh kita terdapat organ yang sangat penting yang disebut liver (hati). Nah, tugas hati termasuk yang paling berat karena harus menetralisir racun dalam tubuh. Dia bekerja 24 jam nonstop. Jadi bisa dikatakan bahwa liver ini adalah organ tubuh yang paling menderita (mudah-mudahan pahalanya banyak). Konsumsi alkohol, obat-obatan, makanan berlemak tinggi, gaya hidup, stres dan bahan makanan sintetis akan sangat membuat liver ini menderita. Jadi kita harus kurangi diet dan pola hidup yang menyiksa liver kita.

Lalu dimana peran kefir? Nah, kata artikel dari RS. John Hopkins tersebut, kefir berperan secara 'tidak langsung' dalam meringankan beban kerja liver secara signifikan, dengan cara mencegah alkohol yang berlebihan memasuki liver. 

Tahukah anda, bahwa seorang yang tidak pernah mengkonsumsi alkohol sedikitpun, ternyata bisa juga memiliki kadar alkohol dalam tubuhnya. Bagaimana hal itu bisa terjadi?

Ternyata, pencernaan kita (dalam kondisi tidak sehat) juga menghasilkan alkohol, bahkan walaupun kita tidak pernah mengkonsumsinya. Alkohol tersebut ternyata berasal dari aktivitas bakteri jahat yang ada di usus halus, yang dengan 'seenaknya' menyantap gula yang belum sempat terserap oleh usus. Nah gula tersebut lalu diubahnya menjadi alkohol, yang dengan sangat cepat diserap usus, lalu masuk ke darah, lalu harus dinetralisir dalam liver.

Jadi, aktivitas si bakteri jahat inilah yang secara tidak langsung membebani liver kita tanpa kita sadari. Agar tidak terjadi fermentasi alkohol dalam pencernaan kita, maka bakteri jahat ini harus dibasmi. Cata terbaik, ternyata dengan mengandalkan bakteri probiotik yang terdapat pada kefir.

Rajin mengkonsumsi kefir tidak hanya menekan terbentuknya 'alkohol laten' dalam tubuh kita, namun juga memberikan beberapa nutrisi yang juga dibutuhkan oleh liver, seperti vitamin dan mineral. Dengan demikian liver kita bisa tetap sehat. Jangan lupa juga untuk:

•Istirahat yang cukup
•Jauhkan diri dari stres
•Olahraga yang ringan dan teratur
•Makan makanan yang sehat
•Hindari konsumsi obat sebisa mungkin. Pada kenyataannya, banyak penyakit dapat sembuh tanpa obat.
•Tentu saja, hindari minuman beralkohol.
Mari kita hidup sehat.


-  Sumber: Yudi
- Keluarga kefir Jogja

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste