Pages

Penyakit rematik

Penyakit rematik telah dikenal sejak abad V sebelum masehi. Istilah rematik berasal dari kata rheumalicos(bahasa Yunani) atau rhematismos (bahasa Latin) yang artinya cairan busuk berasal dari otak yang menyebar ke sendi-sendi dan berbagai alat tubuh serta menimbulkan nyeri.

Penyakit rematik dapat menyerang laki-laki dan perempuan pada segala usia, tetapi kelompok usila lebih banyak terkena serangan rematik. Penyakit ini ditandai dengan keluhan utama rasa sakit atau pegal linu dan rasa kaku. Bisa pula terjadi bengkak sendi, gangguan gerak, dan lemah otot. Rematik menahun (kronis) bisa menimbulkan cacat di bagian tubuh yang terkena. Dengan demikian, rematik merupakan kumpulan gejala yang penyebabnya beraneka ragam, tetapi perwujudannya hampir serupa.

Gout atau pirai merupakan satu-satunya penyakit rematik yang erat hubungannya dengan makanan. Sebagai akibat gangguan pencernaan makanan yang mengandung zat purin, terjadilah penumpukan kristal zat asam urat di dalam sendi. Makanan yang banyak mengandung purin ialah jerohan (hati, limpa, ginjal, usus, otak), udang, cumi, kepiting, ikan teri, dan kacang-kacangan. Selain makanan, ada juga faktor lain yang berpengaruh, yaitu kegemukan dan penyakit ginjal.

Pengobatan rematik pada umumnya hanya mengurangi gejala dan tidak menyembuhkan atau memberantas penyakit sesungguhnya. Kebanyakan penderita berusaha mengobati sendiri dengan minum jamu karena obat modern sering memiliki efek samping pada lambung serta ketergantungan. Biasanya, penyembuhan gejala rematik ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Pada kelompok usila, gejala rematik dapat dikurangi dengan melakukan olahraga teratur dan sesuai. Selain itu, ada beberapa ramuan tradisional yang dapat mengurangi atau mengobati gejala rematik. Obat tradisional dapat dimanfaatkan sebagai obat pengganti atau obat penunjang obat modern. Penggunaan obat tradisional umumnya cukup aman, tetapi penggunaan oleh penderita gastritis kadang-kadang menimbulkan keluhan nyeri lambung, terutama ramuan yang mengandung jahe.

Pustaka
Tanaman obat untuk mengatasi penyakit pada usia lanjut Oleh Herti Maryani
http://fkunhas.com/  

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste