Pages

Membangun Mindset Pengusaha

Pernahkah anda berfikir tentang kehidupan orang lain, dalam artian yang memiliki visi dan mimpi masa depan yang lebih baik, sebuah pertanyaan sederhana tetapi memilik makna yang dalam, jika dalam hati anda berkata " iya" berarti anda memiliki bibit pemikiran menjadi seorang pengusaha maupun pemimpin. Dari sini baru kita bisa melihat apa yang menjadi motivasi kita dalam berwirausaha.

Seperti ilmu biologi yang pernah saya dapatkan dari guru saya, bahwa Fenotip itu dipengaruhi oleg Gen dan lingkungan ( Fenotip= Gen + Lingkungan), apakah rumus tersebut juga berlaku bagi seseorang yang ingin menjadi seorang entrepeneur, bagi saya pribadi tidak selamanya benar dan juga tidak selamanya salah, teori tersebut memang sudah menjadi acuan selama ini. Namun dengan semangat yang bulat dan tekad kuat kita akan bisa menjadi seorang pengusaha yang memiliki jiwa leadership yang tangguh dan mampu membawa suatu perubahan yang lebih baik dimasa yang akan datang.

Ada beberapa hal yang bisa menunjang faktor menjadi leader yang tangguh dimasa yang akan datang, jika anda ingin menjadi global leaders anda harus memiliki global mindset.ada 3 faktor untuk mencapai global mindset tersebut:

1. Intelectual Capital : memiliki kemampuan berfikir secara global untuk memahami ilmu dan memiliki kapasitas untuk belajar sesuatu yang baru.

2. Psycological Capital: Berwawasan luas, maupun open minded dalam menghadapai setiap perubahan , sehingga saat dihadapkan dengan sesuatu yang berbeda kita akan bisa lebih memiliki kemampuan untuk beradaptasi.

3. Social Capital: Mamiliki kemampuan untuk membangun sebuah hubungan yang memiliki kualitas dalam hal kepercayaan dengan orang yang berbeda dengan kita ( bangsa yang berbeda budaya, suku dan agama).

dari 3 faktor diatas, satu sama lain memiliki keterkaitan yang erat dan bisa dijadikan menjadi sebuah pedoman sebelum kita menjadi pemimpin yang tangguh dimasa yang akan datang.

Sumber artikel: HBR ( Harvard Business Review )
Diterjemahkan: Yusuf Ariansyah ( Co-Founder PT. Republik Patent )

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste