Pages

Penyakit Virus

Virus yang Menyerang Manusia
Seperti halnya pada hewan, penyakit pada manusia pun banyak yang disebabkan oleh virus. Gejala yang ditunjukkan oleh penyakit yang disebabkan oleh virus tidak sama pada setiap penyakit. Berikut ini adalah beberapa virus penyebab penyakit pada manusia:

- Virus poliomyelitis, menyebabkan penyakit polio. Virus ini menyerang susunan saraf pusat dan dapat menyebabkan kelumpuhan. Virus polio masuk ke tubuh manusia melalui hidung dan mulut. Pada sel saraf, virus berbiak dengan sangat cepat dan merusak atau membunuh sel. Kelumpuhan terjadi jika banyak sel saraf yang rusak.

- Virus influenza, menyebabkan penyakit influenza. Influenza merupakan penyakit pernapasan. Virus masuk melalui hidung dari mulut. Penyakit influenza sangat mudah menular. Sekarang ini muncul virus flu burung yang dapat menyerang manusia.

- Virus varicella, menyebabkan penyakit cacar air. Virus cacar air disebarkan rnelalui udara. Penyakit cacar air banyak diderita anak-anak. Orang yang sudah terkena cacar air tidak akan terkena lagi. Pada tahun 1796, Dr. Edward Jenner melakukan vaksinasi cacar pada seorang berumur delapan tahun.

- Virus rabies, menyebabkan penyakit rabies yang menyerang saraf pusat dan hampir selalu menyebabkan kematian. Hampir semua Mammalia dapat membawa virus rabies. Virus rabies dapat bertahan dalam waktu yang lama di dalam kelenjar ludah. Jika hewan yang terserang rabies menggigit hewan lain atau manusia, hewan atau manusia tersebut dapat tertular rabies. Louis Pasteur menemukan pusat infeksi rabies pada otak dan sumsum tulang belakang.

- Virus rubella, menyebabkan penyakit campak jerman. Campak jerman tidak berbahaya. Akan tetapi, jika wanita yang sedang hamil muda terserang penyakit ini, bayi yang dikandungnya dapat mengalami. keterbelakangan mental, gangguan penglihatan dan pendengaran, atau gagal jantung. Virus rubella Menyebar saat penderita batuk atau bersin.

- Virus hepatitis. menyebabkan penyakit hepatitis. Terdapat tiga jenis penyakit hepatitis, yaitu hepatitis A, hepatitis B. dan hepatitis C. Virus hepatitis A disebarkan melalui makanan dan air yang terkontaminasi. Virus hepatitis B disebabkan melalui transfusi darah yang terkontaminasi. Penyakit hepatitis ditandai dengan pembengkakan hati. Gejalanya antara lain hilangnya selera makan, cepat lelah, dan warna kulit menjadi kekuningan.

- Virus ebola, menyebabkan penyakit ebola. Virus ini merupakan anggota dari virus RNA yang dikenal dengan filovirus. Dengan perbesaran ribuan kali menggunakan mikroskop elektron, virus ini terlihat berbentuk filamen, kadang-kadang filamen bercabang, berbentuk “u”, berbentuk “b”, atau melingkar. Virus ebola ditemukan tahun 1976 dan diberi nama sesuai nama sungai di Zaire, Afrika. tempat pertama kali virus ini ditemukan. Sampai saat ini, inang virus ebola belum diketahui dengan pasti. Untuk mengidentifikasi inangnya, para ahli meneliti ribuan specimen dari hewan di sekitar area berjangkitnya penyakit, tetapi hasilnya kurang memuaskan. Kera, seperti juga manusia, dapat terinfeksi dan menjadi inang virus tersebut. Virus ebola menyebabkan demam hemoragik ebola (Ebola hemorragic fever). Gejala penyakit ini dimulai pada hari ke-4 sampai hari ke-16 setelah infeksi. Gejala awalnya ditunjukkan dengan demam mendaclak, tubuh lemah, nyeri otot, dan sakit tenggorokan. Gejala lebih lanjut ditunjukkan dengan penderita mengalami muntah-muntah, kegagalan fungsi ginjal dan hati, serta pendarahan. Virus ebola dapat disebarkan melalui hubungan seksual dengan penderita atau penggunaan jarum suntik ke bekas penderita.


Pustaka
Cerdas Belajar Biologi Oleh Oman Karmana
http://fkunhas.com/  

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste