Pages

Perbandingan Kandungan Susu Kambing dengan Susu Sapi


Secara umum, komposisi gizi susu kambing dibandingkan dengan susu sapi tidak terlalu jauh berbeda. 
Susu sapi mengandung 3,2% protein, 3,6% lemak, 4,7% laktosa, dan 0,7% mineral, 
Susu kambing mengandung 3,4% protein, 3,8% lemak, 4,1% laktosa, dan 0,8% mineral. Data di atas juga tergantung dari jenis (ras) kambing dan cara penanganan atau beternaknya. Agar lebih jelas, berikut ini gambaran singkat untuk membandingkan kandungan gizi susu kambing dengan susu sapi.

a. Vitamin dan mineral
Vitamin A yang ada pada susu kambing lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin A pada susu sapi. Kambing juga memiliki kemampuan mengubah seluruh kandungan karoten menjadi vitamin A. Susu kambing lebih banyak mengandung vitamin B, terutama riboflavin, sedangkan vitamin B6 dan B12 lebih unggul pada susu sapi. Kandungan niacin lebih banyak terdapat pada susu kambing. Sementara itu, kandungan vitamin C dan D kedua jenis susu sama rendah atau tidak berbeda jauh. Selain itu, susu kambing juga kava akan mineral seperti kalsium, kalium, magnesium, fosfor, klorin, dan mangan, tetapi rendah garam (sodium), sulfur, dan zat besi.

b. Enzim
Susu kambing memiliki beberapa jenis enzim, di antaranya enzim ribonuklease, alkalin fosfatase, lipase, dan xantin oksidase yang diperlukan untuk mencerna susu.

c. Lemak dan Protein
Susu kambing memiliki lemak dan protein yang lebih mudah dicerna, karena lemaknva mengandung lebih banyak asam lemak berantai pendek. Ukuran partikel lemak dan proteinnya juga lebih kecil. Selain itu, kandungan kolesterolnya juga lebih rendah dibandingkan dengan susu sapi. Karenanya, susu kambing lebih cocok diminum oleh orang yang sedang diet dalam rangka menurunkan berat badan.
Pada beberapa jenis kambing, susunya juga mengandung asam caprilik yang bisa berfungsi untuk menanggalkan sel kulit yang sudah mati. Hal ini yang menjadikan susu kambing sekarang banyak dipakai untuk sabun mandi yang berguna bagi kesehatan. Di samping itu, beberapa jenis susu kambing mengandung protein pemulih yang biasa disebut liposeme yang mudah diserap oleh kulit dan mengandung vitamin E yang bisa berfungsi sebagai antioksidan lemak.

Pustaka
Khasiat & manfaat susu kambing: susu terbaik dari hewan Ruminansia Oleh Rini Damayanti Moeljanto,Bernardinus T. Wahyu Wiryanta
http://fkunhas.com/

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste