Pages

Apakah Penyebab Tingginya Asam Urat Darah


Hiperurisemia bisa timbul akibat produksi asam urat yang berlebihan atau dengan pembuangannya yang berkurang. Beberapa penyebab terjadinya hiperurisemia, antara lain:

a. Produksi asam urat di dalam tubuh meningkat.
Ini terjadi karena tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.
Sebagai penyebab adalah:

- Produksi asam urat di dalam tubuh/endogen sangat berlebihan karena adanya gangguan metabolisme purin bawaan dan dimana perempuan tertentu pembawa gen ini biasanya tanpa gejala (asimptomatik).

- Produksi asam urat berlebihan karena kelainan here-diter/pembawa sifet atau gen/turunan, lainnya yaitu terjadinya aktivitas berlebih enzim fosforbosil pirofosfat sintetase (PRPP—sintetase), juga asimptomatik sama seperti di atas.
- Kadar asam urat meninggi karena berlebihan mengkonsumsi makanan berkadar purin tinggi yaitu daging, jeroan, kepiting, kerang, keju, kacang tanah, bayam, buncis, kembang kol. Asam urat terbentuk lagi dari hasil metabolisme makanan-makanan tersebut.

- Penyakit seperti leukemia (kanker sel darah putih), penyakit seperti sel mudah pecahnya sel darah merah (hemolisis), serta pengobatan kanker (kemoterapi, radioterapi).

b. Pembuangan asam urat sangat berkurang
Hal ini terjadi akibat ketidakmampuan ginjal mengeluarkan asam urat yang berlebihan dari dalam tubuh. Sementara pengeluaran melalui usus mungkin juga berkurang.
Keadaan ini dapat timbul sebagai akibat dari:

- Minum obat tertentu seperti pirazinamid (obat antiTBC), obat diuretik/HCT, dan salisilat.
- Dalam keadaan kelaparan (seperti puasa, diet terlalu ketat) dan ketosis. Pada kondisi ini kekurangan kalori tubuh dipenuhi dengan membakar lemak tubuh. Zat keton yang terbentuk dari pembakaran lemak akan menghambat keluarnya asam urat melalui ginjal.
- Mengalami keracunan kehamilan pada ibu hamil (toksemia), mungkin juga keracunan makanan.
- Olah raga terlalu berat ataupun aktivitas fisik yang terlalu berat.
- Meningkatnya kadar kalsium darah akibat penyakit hiperparatiroid, mungkin juga hipertiroid, dan sarkoidisis.
- Hipertensi.
- Gagal ginjal.
- Keracunan timah.

c. Produksi asam urat berlebihan, pembuangannya terganggu.
Terjadinya produksi asam urat berlebihan ini disebabkan:
- gabungan produksi purin endogen yang meningkat.
- asupan,/masukan purin tinggi disertai sekresi asam urat melalui ginjal yang berkurang

d. Penyebab lain
Beberapa kondisi ataupun keadaan lain yang dapat menyebabkan hiperurisemia ini, sebagai berikut:

1. Suku bangsa dan ras tertentu
Di Indonesia, suku Minahasa dan Tapanuli, mempunyai ke-cenderungan terserang penyakit ini. Satu penelitian tentang gambaran fungsi ginjal pasien arthritis gout pada suku Minahasa, menunjukkan bahwa:
- Fungsi ginjal pasien arthritis gout sebagian besar menga-lami penurunan, meskipun umumnya ringan.
- Tidak ada perbedaan bermakna menurut statistik penu-runan fungsi ginjal pada pasien artritis gout yang memiliki keluarga gout dan yang tidak memiliki keluarga gout tetapi terdapat perbedaan bermakna penurunan fungsi ginjal pada pasien arthritis gout bertofi (dengan timbunan kristal monosodium urat monohidrat sekitar persendian) dengan yang tidak bertofi.
- Penurunan fungsi ginjal pada pasien arthritis gout, menurut hitung statistik, berhubungan dengan eksresi asam urat urin 24 jam dan lamanya menderita gout, tetapi tidak berhubungan dengan kadar asam urat trigliserida/asam urat dalam darah/serum dan kolesterol serum.
Minahasa salah satu wilayah Indonesia yang memiliki angka insiden hiperurisemia asimptomatis dan jugs dengan angka kejadian arthritis gout yang tinggi. Menurut penelitian terdahulu, ini sering berkaitan dengan letak geografis, pola budaya masyarakat setempat, dimana yang bermukim di daerah pesisir pantai maupun di daerah dataran tinggi mempunyai kebiasaan pola makan protein maupun lemak tinggi, serta kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol.

2. Kegemukan/Obesitas
3. Kelainan kongenital/Mongolism
4. Intoleransi fruktosa, penyakit penimbunan glikogen, dandefisiensi Glukosa-8-Phospat Dehidrogenase (G8PD).

Pustaka
Rematik, Asam Urat, Hiperurisemia, Arthritis Gout Oleh Misnadiarly
http://fkunhas.com/  

0 comments:

Posting Komentar

Gratisan

 
// Bawah ini Script Tulisan tak bisa dicopy paste